PERILAKU KONSUMEN – PENGARUH
INDIVIDU
PENGARUH INDIVIDU
NAMA : FARAH
SALSABILAH BATARA
KELAS : 3EA09
NPM : 12212760
MK : PERILAKU
KONSUMEN (SOFTSKILL)
Individu merupakan unit terkecil pembentuk masyarakat. Dalam ilmusosial,
individu juga berarti bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat
dipisahkan lagi menjadi bagian yang lebih kecil.
Pengaruh personal atau individu merupakan factor yang mempengaruhi perilaku
konsumen yang berasal dari factor pada diri si konsumen, yang diantaranya :
Usia dan tahap daur hidup
Orang akan mengubah barang dan jasa yang mereka beli sepanjang kehidupan
mereka. Kebutuhan dan selera seseorang akan berubah sesuai dengan usia.
Pembelian dibentuk oleh tahap daur hidup keluarga. Sehingga pemasar hendaknya
memperhatikan perubahan minat pembelian yang terjadi yang berhubungan dengan
daur hidup manusia.
Pekerjaan
Pekerjaan seseorang mempengaruhi barang dan jasa yang dibelinya. Dengan
demikian pemasar dapat mengidentifikasi kelompok yang berhubungan dengan
jabatan yang mempunyai minat di atas rata-rata terhadap produk mereka.
Keadaan Ekonomi
Keadaan ekonomi sangat mempengaruhi pilihan produk. Pemasar yang produknya
peka terhadap pendapatan dapat dengan seksama memperhatikan kecenderungan dalam
pendapatan pribadi, tabungan dan tingkat bunga. Jadi jika indicator-indikator
ekonomi tersebut menunjukkan adanya reses, pemasar dapat mencari jalan untuk
menetapkan posisi produknya.
Gaya Hidup
Orang yang berasal dari subkultur, kelas social dan pekerjaan yang sama
dapat mempunyai gaya hidup yangberbeda. Gaya hidup seseorang menunjukkan pola
kehidupan orang yang bersangkutan yang tercermin dalam kegiatan, minat dan
pendapatnya. Konsep gaya hidup apabila gigunakan oleh pemasar secara cermat,
dapat membantu untuk memahami nilai-nilai konsumen yang terus berubah dan
bagaimana nilai-nilai tersebut mempengaruhi perilaku konsumen.
Kepribadian dan Konsep Diri
Tiap orang mempunyai kepribadian yang khas dan ini akan mempengaruhi
perilaku pembeliannya. Kepribadian mengacu pada karakteristik psikologis yang
unik yang menimbulkan tanggapan relative konstan terhadap lingkungannya
sendiri. Kepribadian sangat bermanfaat untuk menganalisis perilaku konsumen
bagi beberapa pilihan produk atau merk, atau pemasar juga dapat menggunakan
konsep diri atau citra diri seseorang. Untuk memahami perilaku konsumen,
pemasar dapat melihat pada hubungan antara konsep diri dan harta milik
konsumen. Konsep ini telah berbaur dalam tanggapan konsumen terhadap citra
mereka.
Untuk produk yang mana dari produk-produk berikut ini anda akan
mengharapkan pengaruh pribadi sebagai factor dalam keputusan pembelian? Minuman
ringan, oli motor, sabun pembersih muka, cat rumah, karpet, mesin cuci,
handphone, dan kamera digital. Apa alasan anda untuk masing-masing kasus!
Produk yang mengharapkan pengaruh pribadi diantaranya yaitu :
Oli motor karena merk biasanya akan cenderung mengikuti perkataan orang
yang tau mengenai oli. Misalnya saja montir di bengkel, yang memang lebih tau
oli mana yang bagus untuk merk motor tertentu. Penggunaan oleh teman juga
biasanya menjadi faktor pendorong.
Cat rumah karena biasanya dalam membeli cat rumah konsumen akan
dipengaruhi oleh pendapat orang lain. Individu cenderung akan bertanya pendapat
orang lain mengenai cat warna dan merk apa yang bagus.
Mesin cuci karena mesin cuci merupakan barang elektronik yang cukup mahal
sehingga konsumen selektiv dalam pemilihan merk mesin cuci. Banyak pengaruh
individu untuk memutuskan merk apa yang akan dibeli oleh konsumen karena
kualitas sangat berpengaruh terhadap penentuan pembelian.
Handphone karena handphone merupakan produk yang memiliki banyak tipe dan
tentunya masing masing orang memiliki tipe kesukaannya masing-masing. Namun
beberapa konsumen biasnya membeli handphone yang memang sedang banyak digunakan
oleh orang, misalnya jenis handphone apa yang banyak digunakan oleh teman
bermain, rekan kerja, keluarga. Hal ini tentu akan menjadi pengaruh suatu
individu dalam memutuskan handphone apa yang akan dibeli. Begitupun dengan
merk, biasanya merk tertentu juga menjadi acuan bagi individu, seperti merk apa
yang sedang banyak dibeli oleh orang disekitar individu itu sendri.
Kamera digital karena memang kebanyakan membeli karena memang atas sugesti
seseorang terhadap suatu merk tersebut. Bisa dari teman dekat, keluarga, atau
mungkin dari penjual. Jadi berdasarkan informasi yang konsumen dapat dari
orang-orang mengenai keunggulan produk tersebut, atau memang banyak dari orang
disekitar konsumen yang memakai produk tersebut membuat konsumen percaya bahwa
produk itu memang bagus dan akahirnya membelinya.
Minuman ringan dan sabun pembersih muka dan karpet tidak termasuk, karena
produk-produk tersebut merupakan produk yang dapat dirasakan manfaatnya secara
pribadi langsung. Jadi sesuai dengan apa yang dirasakan oleh individu
masing-masing. Untuk minuman jika memang individu nya tidak menyukai, maka
individu cenderung akan membeli produk yang lain. Meskipun teman atau keluarga
menyukain minuman tersebut. Begitu juga dengan pembersih muka, jika pembersih
muka cocok bagi konsumen maka konsumen akan membeli tanpa pertimbangan apakah
orang terdekatnya beli merk tersebut atau tidak. Begitupun jika ternyata
pembersih muka tersebut tidak cocok dan malah berddampak negatif bagi individu
itu sendiri, maka konsumen akan langsung memberhentikan pemakaian dan memilih
produk lain walaupun orang sekitarnya banyak yang memakai produk tersebut.
Begitupun dengan karpet, individu dalam pembelian karpet cenderung lebih
mengikuti selera pribadi individu itu sediri bukan saran dari orang lain.
2. Untuk masing- masing produk yang didaftar di dalam pertanyaan 1. Apakah
anda merasa bahwa mungkin ada variasi antara pengaruh pribadi pada pilihan
produk dan pada nama merek? Jelaskan!
a) Minuman Ringan
Pembelian minuman ringan biasanya didasarkan pada produk dan merek. Ada sebagian
individu yang membeli produk minuman ringan tertentu karena merek minuman
ringannya yang sudah terkenal, misalnya Aqua. Banyak dari konsumen yang akan
membeli air mineral bilang membeli Aqua, padahal produk yang diberikan oleh
penjual belum tentu produk Aqua.
Contoh lain adalah untuk minuman ringan bersoda coca cola, orang orang akan
cenderung lebih memilih coca cola dari pada big cola. Hal ini memang coca cola
lebih berkualitas dari pada big cola.
b) Oli Motor
Pembelian oli motor pada umumnya dipengaruhi oleh merek oli motor tertentu
(brand oriented) yang telah banyak digunakan oleh konsumen otomotif.
Contohnya merek oli motor “Castrol”, banyak individu yang yakin akan merek
Castrol karena iklannya yang berhasil memposisikan merek tersebut dikenal oleh
banyak masyarakat. Selain itu dengan banyaknya pengguna oli tersebut dan
konsumen juga merasa puas sehingga lebih memilih untuk menjadi pengguna setia
Oli ini.
c) Sabun Pembersih Muka
Pembelian sabun pembersih muka tergantung kepada individu itu sendiri, dan
cenderung tidah berpengaruh dari orang lain. Hal ini karena produk pembersih
muka langsung dilaksanakan manfaatnya oleh konsumen itu sendiri. jika konsumen
merasa puas dan cocok di kulit maka konsumen akan terus memakai produk tersebut
begitupun sebaliknya tanpa memperhatikan apakan itu produk terkenal atau tidak.
d) Cat Rumah
Keputusan pembelian cat rumah biasanya dipengaruhi berdasarkan merek cat
rumah yang ada di pasaran. Contohnya saja merek cat Dulux, kebanyakan
individu akan lebih memilih cat bermerek Vinilex yang telah komersil di pasaran
daripada cat dengan merek lain yang kurang terkenal.
e) Karpet
Keputusan pembelian karpet dapat dikaitkan dengan status dan kelas sosial.
Hal ini menunjukkan bahwa untuk kalangan menengah ke atas, keputusan pembelian
produk karpet didasarkan pada produk dan merek . Beda halnya dengan individu
kalangan bawah, individu ini pada umumnya kurang memperhatikan merek. Individu
tersebut lebih memperhatikan produk dan harga produk yang ditawarkan
f) Mesin Cuci
Keputusan pembelian mesin cuci didasarkan pada merek tertentu yang
terkenal. Contohnya mesin cuci dengan merek Panasonic. Banyak individu yang
hanya dengan melihat merek saja mereka akan langsung membeli karena percaya
bahwa kualitas yang ditawarkan pun akan sesuai dengan popularitas merek mesin
cuci yang terkenal di pasaran.
g) Handphone
Keputusan pembelian handphone akan didasarkan pada merek yang sedang tren
atau terkenal di pasaran. Contohnya handphone merek Samsung dengan Android yang
ditawarkan saat ini sedang menjadi tren dan digemari oleh masyarakat.
h) Kamera Digital
Pada umumnya keputusan pembelian kamera digital sama juga didasarkan pada
merek yang sudah terkenal di pasaran dan berdasarkan spesifikasi produk kamera
digital yang ditawarkan. Di pasar kamera digital, diketahui bahwa Sony, Nikon
dan Canon lah yang merupakan merek terkenal untuk produk kamera digital. Hal
ini tentunya akan mempengaruhi individu dalam menentukan merek kamera digital
mana yang akan dibeli.
Kesimpulannya adalah keputusan pembelian konsumen juga dipengaruhi
oleh pengaruh pribadi atau pengaruh dari individu lain. Individu lain yang
dimaksud adalah teman dekat, keluarga, pacar atau yang lain. Hal ini bisa
menjadi pengaruh besar yang mendorong konsumen untuk membeli suatu produk.
Selain itu, merk dari suatu produk juga mempengaruhi. Misalnya saja untuk
produk handphone, dalam pembelian handphone konsumen pasti mendapatkan pengaruh
dari orang lain. Selain itu merk juga pasti mempengaruhi pembelian produk yang
dilakukan oleh konsumen.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar